Mengenal Tipe Data MySQL

Mengenal Tipe Data MySQL

Mengenal Tipe Data MySQL - Tipe Data didalam Database MySQL adalah query untuk mendefinisikan kolom pada tabel. dimana ketika kita membuat kolom didalam suatu tabel kita harus melalukan mengenalan kolom kepada MySQL apakah kolom itu berbentuk data unik, karakter, nomor, kriteria karakter serta campuran antara nomor dan huruf (karakter). Tipe Data didalam Database MySQL juga sangat banyak jenisnya, namun pada artikel ini yang saya jelaskan hanya sebagian sebagai bahan untuk referensi penggunaan PHP/MySQL nantinya.

Tipe Data MySQL
Tipe Data Integer
Integer adalah tipe data yang digunakan untuk mengenalkan angka bulat pada MySQL.penggunaanya biasanya menggunakan penulisan nama_kolom int (20); int (20) artinya jumlah angka maksimal 20.

Tipe Data Char dan Varchar
Tipe data ini yang paling sering digunakan pada saat membuat kolom pada tabel MySQL. Perbedaan antara CHAR dan VARCHAR adalah dari cara MySQL melokasikan ukuran penyimpanan data pada MySQL yang dimasukkan kedalam kolom tersebut. namun biasanya penggunaan Varchar lah yang sering digunakan para administrator Database karena tipe data ini dianggap lebih fleksibel. untuk fungsi varchar sendiri biasanya digunakan pada kolom Nama, Alamat, Kota dan lainnya.

Tipe Data Enum
Enum merupakan tipe data yang khusus untuk kolom dimana nilai datanya sudah ditentukan sebelumnya. pilihan enum ini digunakan sebagai alternatif dan tidak boleh kosong. misalnya kolom jenis kelamin antara  P dan L. 

Untuk lebih lanjut tentang Tipe Data MySQL anda bisa mengunjungi situs Duniailkom. com yang mempunyai banyak artikel tentang MySQL.

Sekian artikel Mengenal Tipe Data MySQL, nantikan artikel tentang Basis Data di blog ini.

Jika Kalian menyukai Artikel ini Silahkan Bagikan. Bila ada yang ingin berdiskusi tentang Judul Artikel diatas atau ada pertanyaan yang ingin ditanyakan silahkan menggunakan Fasilitas Komentar dan Fasilitas Contact Form. atau bisa mengirim langsung ke email struktur.mysql@gmail.com.
Previous
Next Post »